5 Kiper Terbaik Barcelona dalam Sedekade Terakhir


  • Share on Pinterest

Kiper Terbaik Barcelona – Barcelona sering dianggap sebagai salah satu klub paling kuat di Spanyol. Meskipun penurunan performa dan masalah internal dalam beberapa musim terakhir, popularitas La Blaugrana tetap tidak berubah.

Barcelona secara tradisional bergantung pada pemain papan atas dari musim ke musim. Saat itu berada di pos penjaga gawang. Beberapa kiper terbaik di dunia telah melindungi La Blaugrana, terutama dalam satu dekade terakhir.

Kiper Terbaik Barcelona dalam Sedekade Terakhir

Kiper Terbaik Barcelona

1. Jose Pinto

Jose Pinto menjadi pelapis Victor Valdes setelah bergabung dengan La Blaugrana pada 2008. Dia lebih kesulitan dengan bangku cadangan Barca. Meski bukan penjaga gawang utama, Pinto meninggalkan kesan mendalam di klub Catalan itu.

Jose Pinto membuat 89 penampilan di semua kompetisi, dengan 37 clean sheet. Mengingat posisinya sebagai penjaga gawang, ini adalah rekor yang sangat menjanjikan.

Karena kontraknya telah habis, kiper Spanyol itu melindungi Barcelona hingga akhir musim 2013/2014. Pinto memilih untuk gantung sepatu ketika mereka berpisah.

2. Victor Valdes

Namanya dikaitkan dengan salah satu kiper terbaik Barcelona yang terkenal. Victor Valdes, lulusan La Masia, selangkah lebih maju dalam merebut posisi kiper utama La Blaugrana.

Pada tahun 2002, ia dipromosikan ke tim senior. Sejak saat itu, kiper yang kini berusia 40 tahun itu berkembang menjadi bagian tak terpisahkan dari masa kejayaan Barcelona di tahun 2000-an.

Dengan 535 penampilan di semua kompetisi, Valdes menjadi penjaga gawang paling berpengalaman di skuat La Blaugrana. Sayangnya, di penghujung musim 2013/2014, ia sepakat berpisah.

3. Jordi Masip

Apa yang dialami Jordi Masip sebagai anggota akademi La Masia bahkan tidak luar biasa, seperti bumi dan langit. Pada tahun 2014, ia diangkat ke tim utama Barcelona. Namun, itu tidak mampu mengatasi tugas penjaga gawang utama.

Setelah Claudio Bravo dan Marc-Andre ter Stegen, Masip digadang-gadang menjadi kiper ketiga. Tidak mengherankan bahwa dia tidak mendapatkan banyak waktu layar.

Jordi Masip menjadi kiper terbaik Barcelona hingga akhir musim 2016/2017. Dia hanya tampil empat kali bersama La Blaugrana karena ketidakmampuannya bermain di banyak pertandingan.

Masip memilih untuk naik setelah kontraknya berakhir pada musim panas 2017. Ia bergabung dengan Real Valladolid sebagai pemain baru.

4. Claudio Bravo

Penampilan Claudio Bravo di Piala Dunia 2014 memukau Barcelona. Akhirnya, Blaugrana mampu mengontrak kiper Cile itu dari Real Sociedad.

Bravo diperkirakan akan mengambil alih posisi penjaga gawang Barcelona. Karena saat itu Victor Valdes dan Jose Pinto berada di bursa transfer yang sama, peran penjaga gawang pun kosong.

Perekrutan Bravo ternyata sukses. Dengan 43 clean sheet dalam 74 penampilan, dia adalah pemain yang kuat di belakang mistar gawang La Blaugrana.

Bravo juga menjadi komponen kunci dalam musim peraih treble Barca pada 2014/2015. Dia nyaris tidak bertahan dua musim sebelum berangkat ke Manchester City.

5. Jasper Cillessen

Marc-Andre ter Stegen dipertahankan sebagai penjaga gawang tim utama setelah kematian Claudio Bravo. Barcelona harus segera mencari kiper baru.

Jasper Cillessen adalah pemain yang mampu menarik perhatian Barcelona secara efektif saat itu. Ia didatangkan dari Ajax dan dinilai layak menjadi lawan ter Stegen.

Namun, kenyataannya tidak seperti yang diharapkan. Cillessen kesulitan tampil secara reguler. Ia hanya mampu tampil 32 kali di berbagai turnamen selama tiga musim.

Cillessen pindah ke Valencia dengan kesepakatan barter setelah memutuskan tidak ingin menjadi cadangan lagi. Valencia menerima penjaga gawang, sementara Barcelona menerima Neto.

Marc-Andre ter Stegen masih menjadi andalan sebagai kiper terbaik Barcelona di bawah mistar gawang. Akankah La Blaugrana dapat menemukan pengganti yang cocok untuk kiper Jerman meskipun usianya tiga tahun?

Itulah 5 kiper terbaik Barcelona dalam sedekade terakhir menurut kampusbola, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang dari Snack Video Tanpa Ajak Teman