Trip Labuan Bajo, Sambut Liburan Ter-Hits di Sini

Trip Labuan Bajo, Sambut Liburan Ter-Hits di Sini

Labuan Bajo saat ini menjadi salah satu destinasi wisata ter-hits bagi sebagian besar wisatawan, terutama wisatawan domestik. Tak heran jika belum lama ini trip Labuan Bajo kerap menjadi agenda utama, terutama ketika liburan panjang tiba. 

Labuan Bajo memang sungguh indah. Tempat ini memang memiliki pesona dan keindahan yang sangat memikat fhati siapapun yang berkunjung di sana. Lihat saja panorama laut yang dihiasi dengan bukit-bukit tinggi dan hijau yang membingkainya. 

Lokasi Labuan Bajo

labuan-bajo

Labuan Bajo adalah sebuah desa yang berada di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT. Mulanya desa ini adalah desa biasa yang mana sebagian besar warganya menggantungkan kehidupannya pada sumber kekayaan laut. Benar sekali, mayoritas warganya bermatapencaharian sebagai nelayan.

Berkat keindahan alamnya, Labuasn Bajo kini menjadi salah satu destinasi wisata terfavorit. Bahkan, lokasi wisata ini masuk sebagai pilihan tempat wisata unggulan Indonesia. Nah, berbicara soal keindahan alam, ada keindahan apa saja yang ada di Labuan Bajo. Berikut kami bagikan informasinya untuk Anda. 

Pulau Padar

source: travel.trubus.id

Pulau Padar benar-benar memikat hati. Bagaimana tidak, pulau ini berupa kumpulan bukit hijau yang mengelilingi perairan dangkal dengan airnya yang berwarna biru cantik nan jernih. Dari puncak pulau ini, mata Anda akan dimanjakan pemandangan alam yang tidak ada duanya.Hamparan laut biru benar-benar ada di depan mata.

Selain pemandangan bukit dan lautan, Anda juga akan disuguhi hamparan sabana yang super-luas nan indah. Terlebih dengan hembusan angin yang cukup kencang namun tetap syahdu karena telah menjadikan sabana bergoyang. 

Pantai Pink

source: nizarnizar.com

Trip Labuan Bajo pastinya juga menjadikan Pantai Pink sebagai salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Memang dari kejauhan, pasir pantai ini tampak berwarna pink cantik. Warna pink pada pasir ini rupanya berasal dari Foraminifera yang tak lain adalah spesies hewan mikroskopis dengan pigmen merah di tubuhnya. 

Pasir pantai yang pink memang menjadi atraksi wisata utamanya, akan tetapi sebenarnya Pantai Pink ini memiliki rahasia keindahan lainnya yang sayang jika Anda lewatkan. Benar sekali! Biota lautnya yang sangat beragam, kaya, dan yang pasti sangat indah. Sangat recommended bagi Anda yang hob diving

Baca juga: For you, who are in solitary confinement on our wedding anniversary

Pulau Komodo

Berkunjung ke Labuan Bajo rasanya kurang afdol jika tanpa mengunjungi Pulau Komodo. Pulau ini adalah habitat asli dari fauna langka dan hanya ada di Indonesia, Komodo. Dan tahukah Anda, Komodo adalah satu-satunya spesies binatang purba yang masih eksis hingga sekarang. 

Namun Anda perlu berhati-hati ketika berkinjung ke Pulau Komodo ini. Pasalnya, ada cukup banyak Komodo yang hidup liar di pulau ini. Sekedar info, Komodo adalah salah satu hewan yang memiliki racun pelumpuh mangsa atau musuh. Racun tersebut bercampur dengan ludahnya. Ketika mendapat gigitan Komodo, korban harus segera mendapatkan perlakuan medis agar racun tidak menyebar ke seluruh tubuh korban. 

Oh iya, Pulau Komodo juga memiliki atraksi wisata bawah laut yang sangat memukau. Ada begitu banyak spesies binatang laut yang hidup di sini, terutama di sela-sela terumbu karang yang hidup-tumbuh subur di Pulau Komodo ini. 

Gua Rangko

source: pegipegi

Gua Rangko juga sangat direkomendasikan untuk dimasukan ke dalam list trip Labuan Bajo untuk momen liburan selanjutnya. Gua ini berada di Desa Rangko, sebuah desa yang letaknya tak begitu jauh dari Pantai Pink dan Pulau Komodo. 

Gua ini sangat berbeda dengan gua-gua pada umumnya. Gua in memiliki area perairan di bagian tengahnya. Area perairan pada gua ini sangat indah dan terlihat sangat menyegarkan. Sekilas area perairan di dalam gua ini sangat mirip dengan kolam dengan air berwarna biru-jernih. 

Yang menjadikan gua ini terlihat begitu dramastis adalah kumpulan stalaktit-nya yang sungguh indah sekaligus mengerikan. Dilihat dari susunan stalaktit di gua ini, memang begitu artistik. Sayang jika tidak Anda abadikan melalui sebuah foto. 

Galeri Tenun

source: backpacker jakarta

Galeri Tenun adalah sebuah museum khusus yang menyuguhkan berbagai karya penenun asli masyarakat NTT. Mungkin bagi Anda yang pernah berkunjung ke NTT pastinya tak asing dengan souvenir khas NTT, yaitu kain tenun ikat yang memang hanya ada di NT.

Galeri Tenun ini adalah aset yang dibangun secara swadaya. Di dalamnya ada banyak koleksi kain dengan ragam motif khas NTT. Selain kain, Anda juga dapat menjumpai jenis koleksi lainnya namun masih dengan berbagai motif tenun khas NTT. Sebut saja tas, pakaian, selendang, dan masih banyak lainnya.

Ada juga bermacam-macam souvenir asli NTT seperti kain destar alias ikat kepala khas NTT dengan pewarna alaminya, patung kayu yang lucu, dan masih banyak souvenir lainnya. 

Mungkin banyak pembaca yang belum tahu bahwa di Labuan Bajo juga terdapat shor trip Labuan Bajo via laut, tepatnya short trip dengan menggunakan kapal phinisi. Pastinya liburan Anda kali ini akan menjadi liburan yang tak terlupakan. 

Next Article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *